Facebook akan buka program beasiswa untuk talenta Indonesia

Jakarta (ANTARA News) – Facebook menggunakan posisinya sebagai raksasa teknologi dunia untuk membantu mengembangkan talenta di bidang teknologi maupun teknisi di Indonesia melalui program beasiswa.

“Dalam waktu dekat, kami akan membuka program beasiswa,” kata Direktur Global Kemitraan Pengembang dan Program Facebook, Konstantinos Papamiltiadis, saat bertemu media di Jakarta, Selasa.

Tahun ini, Facebook akan membuka pendaftaran untuk 2.500 anggota “Developer Circles” untuk beasiswa belajar JavaScript, menjanjikan pelatihan dasar coding.

Periode belajar akan dimulai tahun depan, peserta berhak mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan program yang tidak dipungut bayaran ini.

Baca juga: Facebook Indonesia belum berencana bikin tim perang konten berbahaya

Facebook juga menyediakan program beasiswa lainnya melalui kemitraan dengan HACKTIV8 untuk memberikan 15 beasiswa tambahan pada program imersif di kampus.

Program bootcamp ini bertujuan mengembangkan kemampuan pemula menjadi pengembang yang mumpuni (full-stack developer) dalam waktu belajar 12 minggu atau 3 bulan.

Selain menyediakan program beasiswa, di masa mendatang Facebook juga merencanakan wadah untuk para pengembang maupun perusahaan rintisan, bernama Lab Innovation Indonesia.

Tempat ini menawarkan pelatihan seminar untuk mereka yang berkecimpung di dunia teknologi agar dapat meningkatkan kemampuan mereka.

Untuk keperluan pengajaran, Facebook akan mendatangkan tim mereka, baik dari Indonesia maupun mancanegara, untuk berbagi pengalaman dalam program-program yang mereka sediakan.

Baca juga: Jepang minta Facebook perbaiki keamanan data

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018